2 November 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan Xperia Z1




Awal bulan ini, Sony Mobile Indonesia memperkenalkan flagship terbarunya, Xperia Z1 alias Honami. Smartphone Android berlayar 5 inci ini diklaim Sony membawa segala yang terbaik dari Sony ke dalam sebuah perangkat saja. Dilihat dari spek saja, memang Xperia Z1 sangat menjanjikan, sebut saja:
 

Spesifikasi Xperia Z1
Dimensi 144.4 x 73.9 x 8.5mm, dan bobot 170g
Layar 5 inci resolusi 1080p dengan teknologi Triluminos dan Reality Engine
Kamera 20.7 MP, Sony G Lens f/2.0, Exmor RS, Sony BIONZ Image Processor
Prosesor Snapdragon 800 2.2GHz quad-core
RAM 2GB
Android 4.2.2 Jelly Bean
Memori internal 16GB
Slot microSD up to 64GB
Baterai 3.000mAh
Sertifikasi IP55/IP58 (tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit)

Dengan dipersenjatai spek yang termasuk paling tinggi saat ini, Sony masih membalut smartphone kebanggaannya ini dengan desain dan material premium. Dibanderol Rp. 8.499.000 (harga pre order Rp. 7.999.000), apakah harga tersebut pantas dari segi fitur, performa dan sebagainya?

Impresi Desain dan Material
Paduan sempurna antara metal dan kaca. Bagian depan dan belakang terbuat dari kaca yang cukup reflektif. Sementara itu frame sampingnya terbuat dari bahan aluminium. Menggunakan desain ala OmniBalance yang dibawa Sony sejak Xperia Z, Xperia Z1 sangat rata di sisi depan dan belakang. Tidak ada tombol di bawah layar. Tombol-tombol samping pun dirancang sedemikian rupa agar menyatu dengan desain ponsel ini. Pendek kata, dari segi finishing produk, desain dan material yang digunakan, impresi premium yang ditimbulkan Xperia Z1 sangat terasa, baik ketika digenggam ataupun ditaruh di meja.

Desain mewah dan elegan dari Xperia Z1 menimbulkan sedikit pengorbanan. Dengan desain yang sangat flat, ditambah lagi sisi-sisi frame aluminium yang kaku, membuat tingkat ergonomis dan kenyamanan sedikit berkurang. Ditambah lagi fakta bahwa ukuran Z1 sedikit lebih besar dan berat dibanding smartphone kelas atas berlayar 5 inci lainnya. Penyebabnya disinyalir karena penggunaan baterai besar 3000mAh dan sensor kamera berukuran besar pada si Honami.

Material yang digunakan di bagian sampinglah yang membedakan Z1 dengan Z. Cukup mirip dengan Z Ultra, namun berbeda. Dengan perpaduan warna pada finishing frame tersebut, Z1 relatif lebih elegan dibanding ponsel jumbo itu. Dikarenakan ponsel ini tahan air, maka tidak heran jika seluruh slot dan port yang ada ditutup, kecuali jack audio 3.5 mm. Agak merepotkan memang, namun demi kemampuan tahan air apa boleh buat? Satu lagi, kover belakang tidak bisa dibuka, jadi baterai tidak removable.


Layar
Xperia Z1 menggunakan layar berukuran 5 inci dengan resolusi 1920x1080 piksel, menghasilkan kepadatan piksel 441 piksel per inci, sudah termasuk top untuk saat ini. Namun ternyata kelemahan yang sebelumnya ada di Xperia Z masih ada, yakni untuk sudut penglihatan, di mana layar ponsel akan terlihat sedikit wash out saat layar dimiringkan. Ini memang bukan masalah untuk sebagian orang, tapi Sony sebetulnya sudah memperbaikinya di phablet Xperia Z Ultra yang memiliki layar yang sangat bagus mendekati sempurna. Untungnya masalah lainnya seperti kurangnya tingkat kontras dan saturasi pada Xperia Z tidak terbawa di Z1. Jadi selama Anda melihat layar Z1 di sudut yang tepat, layar Z1 terlihat bagus-bagus saja, vivid namun tetap natural, dan bisa bersaing dengan layar smartphone Android kelas atas lainnya.

Antar Muka
Antar muka Xperia mudah digunakan dan memiliki desain yang senada dengan seri sebelumnya, namun secara fitur tidak terlalu banyak, dengan kata lain cukup sederhana dan tidak ada efek macam-macam, sebetulnya cukup disayangkan mengingat kemampuan hardware dari Xperia Z1 sangat luar biasa. Dimulai dari lock screen yang bisa ditambahkan widget di sebelah kanan. Anda bisa langsung mengakses kamera geser ke kiri.


Kamera
Kamera merupakan salah satu fitur unggulan di Honami. Hardware kamera yang dibenamkan oleh Sony tidak main-main, sudah mirip dengan Cybershot kelas atas keluaran vendor asal Jepang itu. Lensanya adalah G Lens, memiliki lebar 27mm dengan f 2.0. Sensornya pun berukuran lebih besar dari rata-rata smartphone, yakni 1/2.3 dan menggunakan Exmor RS. Resolusi maksimalnya tertinggi dibanding smartphone Android lain, mencapai 20,7 Megapiksel. Masih kurang? Sony melengkapi Z1 dengan sebuah engine khusus untuk memroses foto, yakni BIONZ.

Berkat adanya tombol kamera dan fitur Quick Launch, Anda bisa menuju aplikasi kamera dari mana saja, hanya perlu menahan tombol tersebut, bahkan ketika layar dalam keadaan mati. Anda bahkan bisa memilih untuk langsung menjepret jika Anda menahan tombol tersebut dari mana saja. Tombol fisik untuk memotret ini pun memudahkan Anda untuk memotret, lebih stabil, serta tentunya feel-nya lebih tinggi daripada sekedar menyentuh tombol di layar. Viewfinder kamera yang tertampil di layar menampilkan gambar yang sangat berbeda dari kamera smartphone pada umumnya. Gerakannya sangat halus, seperti menggunakan refresh rate yang lebih tinggi dari smartphone lainnya.

Konektivitas
LTE, HSDPA
GSM 850/900/1800/1900 MHz
aGPS
Bluetooth 4.0
WiFi (kapabilitas DLNA)
NFC
micro USB (dengan kemampuan HDMI via MHL)
port audio 3.5 mm

Hasil Benchmark
Antutu: 32547 poin
Quadrant Standard: 17457 poin
Nenamark 2: 60 frame per detik
Multitouch Tester: Maksimal 10 sentuhan

Daya Tahan Baterai
Tes Screenshot: layar terus menyala selama 105 menit, baterai habis 32 persen.
Tes Video: sampai 10 jam
*tingkat kecerahan layar 50 persen, internet menggunakan WiFi, sinyal seluler aktif (dan stabil)

Kesimpulan
Si Buas Bermata Elang, menggambarkan kamera yang bagus dan performa buas dari smartphone yang bisa dibilang merupakan salah satu smartphone Android terbaik saat ini. Dari sisi hardware sudah paling up-to date, menghasilkan performa yang smooth. Sebut saja chip Snapdragon 800, layar 1080p. Dari sisi desain, Z1 menggunakan material dan finishing yang patut diacungi jempol, seperti seharusnya digunakan oleh smartphone kelas premium. Dengan banderol normal Rp. 8.500.000, Xperia Z1 memang cukup mahal, namun jangan lupa bahwa si Honami ini tahan air dan debu, hal yang belum dimiliki kompetitor setara lainnya.

Kelebihan Xperia Z1
Tahan air dan debu (kondisi tertentu)
Layar 5 inci Full HD dengan teknologi TRILUMINOS
Performa sangat lancar
Kamera 20MP
Slot Micro SD
Material dan finishing premium
Keluaran suara bagus

Kekurangan Xperia Z1
Viewing angle pada layar tidak sebagus Z Ultra
Baterai tidak removable
Termasuk bongsor untuk ukuran ponsel berlayar 5 inci



3 comments:

  1. keren nih fiturnya, terimakasih sudah review, salam kenal
    thank you :)

    ReplyDelete
  2. All the information is going to fulfill the purpose of the person reading it there is no such information regarding the subject that has not been covered here.Difference between inbox and all mail in Gmail | Gmail Stops Receiving Emails On I Phone

    ReplyDelete
  3. This post is written after a good research and this is something new I have read. Everything which is written is very clear so that one can easily understand that.
    How To Create A Netflix Account On A Computer?

    ReplyDelete

 
eko77