27 October 2013

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mendownload BBM for Android




Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Download BBM untuk Android dan iOS

Minggu ini topik di kalangan pengguna smartphone masih seputaran aplikasi BBM untuk Android dan iOS. Kehadirannya sangat ditunggu-tunggu karena selain sebagai aplikasi instant messaging yang (katanya) paling sempurna juga eksistensinya selama ini dianggap sebagai suatu hal yang bernilai eksklusif. Bayangkan saja, para pengguna ponsel BlackBerry sangat berbangga hati karena mereka dapat saling berbincang melalui BlackBerry Messenger asal bertukar PIN terlebih dahulu sedangkan untuk para pengguna non-BlackBerry harus menggunakan aplikasi serupa untuk dapat berbincang dengan para pengguna BlackBerry yang ‘beda kasta’ tersebut.

Hal itu merupakan masa lalu karena kini aplikasi BlackBerry Messenger dapat dipakai oleh lintas platform. Tidak ada lagi benteng pemisah antara pengguna BlackBerry dengan non-BlackBerry karena mulai minggu ini resmi sudah peluncuranBBM untuk Android dan iOS di seluruh dunia (kecuali negara-negara di Afrika).

Sebelum Anda mulai mengunduh atau download aplikasi tersebut, Anda sebaiknya mengetahui beberapa poin di bawah ini yang Paseban rangkum untuk Anda para pengguna smartphone non-BlackBerry agar dapat segera menikmati aplikasi jagoan dari BlackBerry tersebut.

1. Sistem Antre
Bagi Anda yang ingin segera menikmati fasilitas dari aplikasi BBM untuk Android dan IOS ini harap bersabar terlebih dahulu karena Anda harus antre. “Lho, biasanya kalau kita ingin memakai aplikasi tinggal unduh dan langsung dapat dipakai?” Memang betul, tapi jika Anda mengingat ke belakang bahwa sebenarnya peluncuran aplikasi ini telah dilakukan pada saat bulan September lalu namun dihentikan sementara, Anda akan mengerti. Hal ini karena antusiasme yang tinggi menyebabkan banyak beredarnya aplikasi tak resmi di Google Play sehingga mengganggu kinerja dariserver BlackBerry itu sendiri. Tentunya pihak BlackBerry tidak ingin kesalahan yang sama terulang sehingga mengantisipasinya dengan sistem antre.

2. Registrasi
Beruntung bagi Anda yang telah melakukan pre-registrasi pada laman resmi BBM karena begitu Anda mengunduh lalu aplikasi tersebut dipasang, aplikasi tersebut sudah langsung dapat dipakai. Bagi Anda yang belum melakukan pre-registrasi, tidak usah khawatir, saat aplikasi sudah terpasang, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi dengan cara mengirimkan alamat email Anda. Email tersebut berfungsi sebagai nomor antrean Anda dan tunggulah email balasan dari BlackBerry karena begitu Anda mendapatkan email tersebut, aplikasi BBM untuk Android dan iOS ini sudah dapat Anda gunakan.

3. Link Resmi
Mengantisipasi aplikasi BBM yang tak resmi seperti sebelumnya, pihak BlackBerry mengharuskan Anda untuk mengunjungi laman resmi BlackBerry Messenger di www.BBM.com agar Anda dapat langsung terhubung dengan aplikasi BBM resmi. Begitu Anda membuka laman tersebut, bagi Anda pengguna Android tinggal klik logo Google Play untuk mengunduhnya. Hal yang serupa juga berlaku bagi Anda yang menggunakan iOS, di laman tersebut ada logo App Store yang langsung dapat Anda klik untuk mendapatkan aplikasi resmi dari BBM tersebut.

4. Hanya Smartphone
Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa aplikasi ini hanya kompatibel pada smartphone. Pihak BlackBerry belum menyediakan aplikasi BlackBerry Messenger yang dapat digunakan pada tablet. Untuk smartphoneAndroid, BBM ini dapat berfungsi jika sistem operasi Anda adalah Ice Cream Sandwich (v4.0) dan layar smartphone Anda tidak lebih dari 7 inci atau sekitar 17cm. BBM ini pun kompatibel bagi para pengguna iOS yang memakai sistem operasi iOS 6 atau iOS 7.

5. Gratis
Berita bahagia lainnya mengenai BBM untuk Android dan iOS ini adalah aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Gratis dalam hal pengunduhan dan pemakaiannya karena jika Anda memang sudah membeli paket internet dari provider yang Anda miliki maka BBM ini tinggal dipakai saja. Ada satu hal lagi yaitu Anda tidak perlu khawatir jika kuota paket internet Anda habis atau belum diperpanjang. Aplikasi BBM ini dapat dipakai melalui jaringan WiFi jadi, Anda tinggal pergi ke café atau taman terdekat yang menyediakan layanan hotspot gratis atau Free Wi-Fi.

6. Kesimpulan
Aplikasi BBM untuk Android dan iOS dapat langsung digunakan bagi Anda yang telah melakukan pre-registrasi pada laman resmi BBM sedangkan bagi Anda yang tidak melakukan pre-registrasi, Anda diharuskan mengantre dengan memasukkan alamat email pada aplikasi BBM yang telah Anda unduh. Aplikasi gratis ini harus Anda unduh di laman resmi BBM agar tidak terjadi kesalahan aplikasi seperti yang sebelumnya terjadi. Anda pun harus menggunakan smartphone (bukan tablet) yangsupport untuk aplikasi ini yaitu smartphone Android dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich (v4.0) dan iOS dengan sistem operasi iOS 6 atau iOS 7. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman resmi BlackBerry Messenger di www.BBM.com atau follow akun resmi mereka di Twitter dengan ID [at]BBM. Selamat mencoba dan tinggalkan komentar di bawah ini jika terdapat pertanyaan terkait BBM tersebut! 



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77