31 October 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: Esia MAXtouch 5.3




Di kelas Android GSM CDMA, pasar di tanah air telah disuguhkan dengan perangkat hasil racikan Smartfren yang memperkenalkan beberapa perangkat Android GSM CDMA-nya yang sudah memenuhi pasar. 

Seakan tak mau kalah dan ketinggalan, salah satu penyedia layanan telekomunikasi CDMA, Esia, menrangkul  PT. Mitra Komunikasi Nusantara (MKN) untuk memperkenalkan Android GSM CDMA terbarunya ke pasaran yang bernama MAXtouch 5.3 yang mana Android GSM CDMA terbarunya ini mengusung sistem operasi Jelly Bean dan didukung oleh prosesor yang juga bisa diAndalkan. Bagaimana rupa serta fitur yang dibawa Android GSM CDMA ini?

Desain
Jika Anda memiliki atau pernah melihat Samsung Galaxy Note, maka seperti itulah Android GSM CDMA dari Esia ini dibentuk, namun absen dari tombol fisik Home. Absennya tombol fisik Home ini membuat Esia MAXtouch 5.3 menggantikannya dengan empat tombol sentuh yang masing-masing akan mengantarkan Anda menuju ke Home, Back, Menu dan Search.

Tombol fisik lainnya ditempatkan sama seperti perangkat Android dari Samsung, yakni tombol    volume di sebelah kiri dan tombol power/unlock disebelah kanan. Di sisi belakangnya, Anda akana menemukan sebuah kamera utama yang bersanding dengan lampu flash dan dua buah grill speaker juga akan Anda temukan di  bawah ponsel ini beserta logo dari Esia max-d. Bezel yang ditanamkan pada ponsel ini memang mirip seperti apa yang disematkan pada Samsung Galaxy Note. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi sebesar 151.8 x 78.5 x 10.3 mm dan berat yang mencapai 103 gram.


Layar
Sesuai dengan angka yang tersemat di belakangnya, Android GSM CDMA ini membawa layar sebesar 5.3 inci dan menggunakan jenis layar TFT dan memiliki resolusi sebesar 854 x 480 pixels dan memiliki 5 Points Capacitive Multitouch. Sayang layar sebesar ini hanya diisi oleh resolusi yang rendah, alhasil, tampilan yang tidak tajam akan adna temukan pada layar ponsel ini. Tampilan UI dari ponsel ini sendiri memiliki custom dari Cyrus yang mirip seperti Touchwiz milik Samsung.

Performa
Android GSM CDMA dari Esia ini mengusung sistem operasi  Android 4.1 Jelly Bean yang mana sistem operasinya ini didukung oleh prosesor Dual Core 1.2GHz Qualcomm Snapdragon MSM8625A. Prosesornya ini di atas kertas masih kalah dengan kompetitornya Andromax V milik smartfren yang membawa prosesor quadcore.

Namun, kinerja dari prosesor dual core dari ponsel ini mampu berjalan dengan baik berkat dukungan dari RAM sebesar 1GB yang membuat kegiatan yang berhubungan dengan multitasking lancar dan mudah serta tidak ada hambatan.  Tidak hanya lancar digunakan untuk membantu pekerjaan, MAXtouch juga bisa diajak untuk bermain game sekelas HD. 

Memori
Untuk masalah penyimpanan, ponsel Android GSM CDMA ini membawa memori internal sebesar 4GB yang mana para pengguna hanya akan disiakan sebesar 1.5 GB. Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda memungkinkan untuk melakukan penambahan memori dengan slot kartu microSD hingga kapasitas 32GB.

Kamera
Di sektor fotografi, Android GSM CDMA ini membawa kamera utama sebesar 5 megapiksel yang difasilitasi dengan lampu LED flash untuk membantu pengguna mendapatkan foto masimal pada malam hari. Beragam settingan kamera juga disertakan di dalamnya, antara lain Autofokus, effect, scene mode dan self timer. Kameranya juga memiliki fasiliras modus penjepretan juga dilakukan seperti modus panorama yakni foto memanjang, seperti menyatukan beberapa foto menjadi kesatuan yang utuh.

Sedangkan untuk kamera sekundernya sendiri, ponsel ini memiliki kamera sekunder dengan kekuatan sebesar 0.3 megapiksel yang bisa Anda gunakan untuk melakukan panggilan video ataupun menangkap gambar Anda sendiri menggunakan kamera depan.

Fitur
Seperti tema yang dibawanya, ponsel ini mampu menampung kemampuan dual SIM hybrid yang berjalan di jaringan GSM dan CDMA.  Untuk paket CDMA sudah dibundling dengan Esia, sedangkan GSM bisa Anda pasangkan dari semua kartu GSM yang tersedia di Indonesia.

Paket bundling
Karena sifatnya yang dipaket dengan bundling seperti pesaingnya, MAXtouch dilepas dengan paket bundling bonus kuota internet sebesar 1.5 GB, gratis telepon dan SMS ke Esia, hingga voucher download Indobook bernilai Rp 1,6 juta yang berlaku selama 7 hari pertama masa aktivasi. Tidak hanya itu Esia juga bekerjasama dengan LINE, yakni aplikasi instant messaging dari Jepang dengan memberikan gratis download aplikasi LINE dan bebas kuota ketika chatting selama 12 bulan.

Kesimpulan dan harga
Dengan rentang harga dikisaran Rp1.6 juta-an, Esia  Maxtouch 5,3 menawarkan fitur yang cukup lumayan di kelasnya, seperti layar yang lega dan paket bundling yang menyertainya akan sangat memanjakana para penggunanya. Sehingga ponsel ini dapat dibilang sangat memuaskan bagi para pemiliknya



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77