27 October 2013

Mengendalikan Windows Komputer Melalui Android




Kendalikan Windows Melalui Android dengan Aplikasi Microsoft Remote Desktop

Sebenarnya RD (Remote Desktop) melalui Android bukan hal yang baru lagi. Mungkin Anda sudah mengenal aplikasi yang bernama Spalshtop, TeamViewer atau aplikasi remote desktop yang lainnya. Tetapi kali ini, Microsoft sendiri yang mengeluarkan aplikasi resmi remot desktop seiring dirilisnya Windows 8.1. membuat fleksibilitas Windows semakin baik. Dan ini tidak menggunakan client di komputer Anda.

Bila dilihat dari komentar orang-orang di Google Play, kebanyakan mengatakan aplikasi remote desktop ini berjalan dengan lancar. Ketika paseban uji coba di PadFone 2, memang berjalan lancar tetapi delay-nya cukup lama. Apalagi ketika komputer yang beresolusi tinggi. Karena itu, Anda juga bila ingin mencoba sebaiknya menggunakan perangkat Android yang speknya di atas standar agar proses remote bisa berjalan lancar.
Sebelum kita terlalu dalam membuat pengaturan ini, berikut OS yang suport terhadap aplikasi Remote Desktop:

•             Windows 8 Enterprise
•             Windows 8 Pro
•             Windows 7 Professional
•             Windows 7 Enterprise
•             Windows 7 Ultimate
•             Windows Vista Business
•             Windows Vista Ultimate
•             Windows Vista Enterprise
•             Windows XP Professional
•             Windows Server 2000
•             Windows Server 2003
•             Windows Server 2003 R2
•             Windows Server 2008
•             Windows Server 2008 R2
•             Windows Server 2012
•             Windows Server 2012 R2
•             Windows Multipoint Server 2011
•             Windows Multipoint Server 2012
•             Windows Small Business Server 2003
•             Windows Small Business Server 2008
•             Windows Small Business Server 2011

Baiklah, berikut cara mengoperasikan aplikasi Microsoft Remote Desktop ini

Buat pengaturan di Komputer Anda
Buka System dengan cara mengetiknya di kolom Search. Untuk Windows 8, Anda bisa langsung mengarahkan pointer mouse kesebalah kiri dan tap atau klik Search. Kemudian di jendela sebelah kanan pilih Remote Setting. Pilih opsi Allow connections from computers running Remote Desktop. Dibawahnya, klik Select User kemudian pilih Add. Untuk memasukkan lokasi klik advance kemudian klik Find Now. Karena ini uji coba, dan agar lebih mudah dalam menyambungkannya Paseban memilih Everyone dan klik OK. Atau bila Anda lebih spesifik, di daftar location pilih perangkat Android Anda. Setelah semua selesai kita akan beranjak ke Microsoft Remote Desktop.

Note: Ada sedikit perbedaan dengan Windows 8 namun, tidak akan jauh berbeda. Anda pasti tidak akan kesulitan melakukan pengaturan.

Di Aplikasi Microsoft Remote Desktop Android
Sebelumnya Anda harus mendownload dulu aplikasinya di sini secara gratis dan install. Tap ikon + di Remote Desktop dan tambah koneksi baru. Masukkan Connection Name (terserah apa saja), Host name atau IP address. Kalau komputer Anda menggunakan gateway atur konfigurasinya dan juga bila menggunakan credential juga disediakan kolomnya. Tetapi kali ini Paseban tidak menggunakan gateaway dan credential.

Untuk menghubungkannya dengan komputer tap koneksi desktop yang ingin Anda hubungkan. Bila komputer Anda memiliki username dan password, masukkan di box Logon. Kemudian perangkat Android akan mulai merender tampilan komputer Anda. Ini mungkin akan memakan waktu karena proses sinkroniassi cukup berat. Di sinilah pentingnya hardware perangkat Android Anda. Semakin baik hardwarenya, semakin cepat pula sinkronisasi Microsoft Remote Desktop.

Ketika pertama kali terhubung, akan ada notifikasi certificate. Anda dapat memilih Trust One untuk hanya sekali sinkronisasi dan Trus Always agar tidak ditanyakan lagi ketika login. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi di sini.

Navigasi
Ada dua tombol navigasi yang disediakan di sini. Pertama, ikon dengan tanda panah kiri, atas, bawah dan kanan merupakan tombol untuk Zoom dan mengegerakkan konten. Kedua tombol keyboard di sebelah kanan untuk mengaktifkan keyboard perangkat Anda.

Tap pada nama koneksi Anda akan memunculkan peralatan bar yang diletakkan dibagian bawah. Dengan perelatan itu, Anda bisa men-disable multitouch, menggunakan kursor mouse, memunculkan tombol shortcut dan mengakses keyboard ekstra seperti tombol F atau klik kanan. Double tap di tombol Windows akan mengarahkan tampilan ke Start Screen Windows 8 (bila Anda menggunakan Windwos 8 dan Start Menu untuk Windows 7.

Untuk memutuskan sinkronisasi, Anda cukup menekan tombol back di perangkat Anda dua kali. Selain itu, bila komputer yang Anda remote digunakan secara langsung, maka otomatis sambungan akan terputus. Jika Anda sering mengakses salah satu komputer, Anda bisa menggunakan Remote Desktop Widget sebagai shortcut.

NB: respon aplikasi ini cukup lambat di perangkat kami dengan menggunakan wireless. Awalnya kami kira ini masalah signal Wi-Fi, ketika signal penuh, delay masih terjadi. Tetapi me-remot komputer yang menggunakan kabel LAN cukup baik walau masih ada sedikit lag. Dibandingkan dengan Splashtop 2, Microsoft Remote Desktop masih kalah responsibilitynya tetapi Spalstop membutuhkan client di komputer Anda.



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77