5 November 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan Andromax T




Satu lagi ponsel Android murah namun berspesifikasi tinggi dirilis oleh vendor CDMA Smartfren yang bekerjasama dengan manufaktur Innos. Ponsel ini bernama Andromax T yang memiliki spesifikasi mirip dengan Andromax U LE. Andromax T dibanderol di harga 1.799 juta rupiah tentunya dengan slot CDMA yang di lock, namun GSM bebas. Bagaimana price to performance yang diberikan ponsel ini? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Smartfren Andromax T


Spesifikasi Andromax T
CDMA 2000 1x EVDO REV. A 800 MHz
GSM 900/1800 MHz
Dual On Active CDMA + GSM
Layar sentuh kapasitif IPS OGS 4.3-inci (540 x 960 piksel) 256 ppi
Prosesor quad-core 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon MSM8625Q
GPU Adreno 203
Kamera utama 8MP autofokus, LED flash
Kamera Depan 2MP
Memori internal 4GB; 1GB RAM
Android OS 4.1 JellyBean
Baterai Lithium Polymer 1600 mAh non-removable

Desain dan Bodi
Desain yang diusung Andromax T tidak terlalu orisinil, dimana jika dilihat-lihat tergambar beberapa desain dari ponsel lain. Sebut saja dari tampak depan seperti ponsel Nexus 4, sedangkan dari samping terlihat seperti Nexus 5 dari render gambar terbaru, dari belakang terlihat seperti ponsel Alcatel One Touch Fierce keluaran T-Mobile. Meskipun begitu penampilan Andromax T ini tidak jelek, malah terlihat compact dengan ukurannya juga yang tidak terlalu besar dan bodi yang cukup tipis hanya 7.8mm. Material yang digunakan seluruhnya terbuat dari plastik menjadikannya ringan. Permukaan bagian belakang bertekstur doff jadi cukup kesat dan tidak mudah meninggalkan bercak jari saat digenggam. Terlebih untuk produk ini Smartfren menyediakan pilihan back cover berbagai warna yang bisa dibeli secara terpisah.

Antarmuka Andromax T
Seperti ponsel-ponsel Andromax sebelumnya, bagian antarmuka tidak terlalu disentuh oleh Smartfren sehingga tampilannya identik standar Android saja. Andromax T menggunakan Android JellyBean 4.1 sehingga di bagian lockscreen tidak terdapat fitur widget. Slider di lockscreen memiliki tiga buah fungsi yaitu sebagai jalan pintas ke kamera, Google Now, dan membuka layar. Homescreen hadir dengan kehadiran 5 buah homescreen yang jumlahnya tetap dimana dalam kondisi default terlihat kosong tidak terdapat widget apapun hanya bar Google Search.

Kamera Andromax T
Andromax T memiliki dua kamera yang terletak di depan beresolusi 2MP dan kamera belakang yang beresolusi 8MP autofokus dilengkapi LED flash. Antarmuka kamera ini standar Android Jellybean 4.1, dimana memiliki pilihan pengaturan yang banyak dan detil. Kamera ini mendukung fitur fokus sentuh.

Untuk dalam ruangan kamera ini mampu mengambil objek dengan baik dimana hasil terlihat terang dan minim noise dan anda dapat memanfaatkan LED flash untuk mengambil gambar di kondisi redup.

Untuk luar ruangan hasil terlihat tajam dan detil. Hanya saja baik untuk dalam dan luar ruangan komposisi warna terlihat kurang natural cenderung pucat.

Konektivitas Andromax T
Andromax T berjalan di jaringan CDMA 2000 1x EVDO REV. A 800 MHz dan GSM 900/1800 MHz. Tentunya ponsel ini mendukung sistem Dual On. Untuk internetan ngebut anda diharuskan menggunakan konektivitas Smartfren karena GSM hanya mampu berjalan di GPRS. Urusan konektivitas lokal terdapat WiFi, Bluetooth v3.0, microUSB v2.0, A-GPS dan dukungan kartu memori microSD hingga 32GB.

Benchmark Andromax T
Quadrant Standart: 4660 poin
AnTuTu: 11240 poin
NenaMark2: 35.5 fps
Multitouch Tester: maksimal 5 sentuhan

Baterai Andromax T
Andromax T diberi baterai berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 1600 mAh. Saat kami mencoba untuk memutar video format AVI resolusi VGA sekitar 40 menit dengan keterangan layar otomatis serta sinyal WiFi, GSM dan sinyal CDMA aktif, baterai ponsel berkurang 6% dari kondisi 100%. Jadi jika terus menerus digunakan untuk memutar video Andromax T dapat bertahan hingga 11 jam 6 menit (variatif tergantung kalibrasi baterai). Jika untuk penggunaan normal dengan paket internet seluler aktif, kami dapat katakan ponsel akan bertahan sekitar +-10 jam (tergantung intensitas penggunaan dan kondisi jaringan).

Kesimpulan
Sebenarnya tidak jauh perbedaan antara Andromax T dan Andromax U Limited Edition. Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi hardware yang boleh dikatakan serupa, hanya saja ukuran layar dan bentuk yang berbeda. Begitu juga dengan sistem operasi yang sama-sama berjalan di Android JellyBean 4.1, dimana membuat tampilan antarmuka hampir serupa. Yang membuat Andromax T lebih unggul adalah kualitas layar yang lebih baik di bidang pewarnaan lebih natural.

Kelebihan Andromax T
Spesifikasi dan performa yang mumpuni dengan harga terjangkau
Layar berkualitas baik
Bentuk ramping

Kekurangan Andromax T
GPU yang ketinggalan jaman
Masalah fokus saat perekaman video




0 komentar:

Post a Comment

 
eko77