3 November 2013

Mengetahui Fakta Seputar Processor 64 Bit




Mungkin saat ini pasar ramai membicarakan versi terbaru dari iOS, atau rumor berikutnya dari Android, prosesor 64 bit memang memiliki keuntungan – tapi ini bukanlah sebuah peluru ajaib yang akan mengubah semuanya. Semenjak iPhone 5S memperkenalkan prosesor 64 bit pada ponselnya, maka alur dari smartphone ke depannya akan berubah. Berikut adalah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang smartphone dengan prosesor 64-bit.

Prosesor 64 bit Lebih Cepat
Tanyakan kepada siapapun manakah yang lebih cepat? Prosesor 64 bit atau 32 bit? Semua akan menjawab prosesor 64 bit. Untuk menjelaskannya, mari kita melihat kembali ke sistem komputer desktop.

Sistem prosesor 64 bit terdiri dari sistem hardware dan software. Pada intinya, ini adalah sistem operasi dan driver, tanpa ini, hardwar tidak akan berdaya. Demikian pula, tanpa hardware 64 bit, sistem operasi 64 bit dan perangkat lunak lainnya tidak akan berdaya. Memang masih menjadi perdebatan, prosesor mana yang pertama kali muncul ke pasaran, apakah prosesor 64 bit atau prosesor 32 bit, untuk memecahkan masalah siapa yang pertama yang muncul, prosesor diciptakan untuk bekerja pada instruksi 64 bit atau 32 bit. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki perangkat keras terbaru dan terbesar yang siap untuk digunakan, dan hanya menunggu untuk sistem operasi 64-bit dan program yang sesuai untuk datang.

Ketika prosesor ini datang, hal-hal tampaknya terasa lebih lancar dan atraktif. Apakah prosesor bisa lebih cepat dalam waktu singkat? Tidak. Sebaliknya prosesor 64 bit membuka lebih banyak jalan agar para penggunanya dapat menggunakannya secara fleksibel. Sehingga bisa dikatakan bahwa prosesor 64 bit membuka banyak jalan agar dapat menangani begitu banyak tugas pada waktu tertentu. Ada dua cara dasar untuk mempercepatnya: meningkatkan batas kecepatan, atau menambahkan lebih banyak jalur.

Meningkatkan batas kecepatan ini mirip dengan upping frekuensi clock prosesor, 2GHz dibandingkan dengan 1GHz misalnya, yang akan menekan lebih banyak data melalui setiap periode waktu tertentu.

Dengan menambahkan lebih jalur analog dari 32 bit ke 64 bit, Anda masih belum bisa meningkatkan kecepatan, tetapi Anda telah meningkatkan throughput.
Ada satu item lain untuk disertakan pada sistem ini: beberapa prosesor atau beberapa core. Menambahkan prosesor lain atau core akan seperti menambahkan cara lain di atas yang pertama dan dalam teori ini akan berlipat gAnda. Dalam prakteknya, tugas komputasi harus mendapatkan dan mendapatkan jalur yang baru, yang menambahkan beberapa kompleksitas dan overhead, mengurangi kinerja aktual. Hal yang sama berlaku dalam sistem multi-core atau multi-prosesor: kecepatan ditingkatkan, tetapi tidak sebanyak dua kali lipat (atau empat kali lipat).

64 bit Memungkinkan Anda untuk Menambah RAM
Anda mungkin pernah mendengar bahwa di komputer desktop, RAM sebesar 3GB adalah "jumlah maksimum" yang dapat Anda gunakan sebelum sebagian besar sistem operasi kehabisan ruang. Pada dasarnya, Anda dapat menginstal lebih banyak RAM, tetapi OS tidak akan dapat menggunakannya. Ada tugas berat yang memungkinkan sistem untuk menggunakan kekuatan RAM lebih dari 3GB. Dalam prakteknya, untuk menanamkan RAM sebesar 3GB, Anda harus membutuhkan OS 64 bit.
Kebanyakan smartphone saat ini menggunakan RAM 2GB atau kurang, sehingga masalah ini benar-benar hanya menunggu waktu.

Setiap Aplikasi Harus ­re-written
Untuk mengambil keuntungan penuh dari lingkungan 64-bit, Anda memerlukan perangkat lunak 64-bit. Rencana Apple untuk iOS 7 adalah sama dengan yang digunakan Microsoft tahun lalu ketika mereka meluncurkan versi 64-bit OS mereka: mengaktifkan lingkungan hybrid yang memungkinkan sistem 32 dan 64 bit berjalan bersama. Mereka yang berjalan pada sistme 64 bit harus berjalan lebih baik dibandingkan 32 bit pada sistem yang sama, namun aplikasi 32 bit harus menjalankan aplikasi secara maksimal pada setiap bit-nya. Pada akhirnya, prosesor 64 bit lah yang akan unggul.
Android menemukan sistemnya dalam sistem yang berbeda. Karena aplikasi android memanfaatkAndalvik VM, dalam teori, Dalvik bisa melakukan upgrade untuk sistem 64 bit, dan aplikasi ini akan berjalan secara alami dengan sistem 64 bit, karena mereka langsung di kompilasi pada waktu itu juga.



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77