3 November 2013

Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5S




Review iPhone 5S - Kami baru saja kedatangan smartphone terbaru dari Apple, yakni iPhone 5S. Produk yang kami terima merupakan versi 16GB dengan balutan warna emas, yang merupakan warna paling dicari orang untuk smartphone fenomenal dari Apple tersebut. Di luar itu, Fitur-fitur kunci smartphone dengan platform iOS7 ini antara lain adalah layar Retina Display 4 inci (1136x640 piksel), prosesor dual core 64 bit, RAM 1GB, kamera 8MP dan perekam video 1080p.

Impresi Desain dan Material
Dilihat-lihat, tidak ada perbedaan terlalu mencolok dari iPhone 5, kecuali warna. Perbedaan yang cukup terlihat paling hanya Dual LED Flash pada kamera, serta tombol Home yang kini menjadi sebuah lingkaran yang diberikan sentuhan ring yang berwarna sama dengan list samping. Tidak ada kotak di dalam lingkaran tersebut. List sampingnya dan bagian belakang berbahan aluminium, dengan pengecualian di bagian atas dan bawah pada kover belakang yang berbahan glossy, dengan warna putih. Jack audio 3.5mm ada di bawah, menemani loudspeaker, port charger/data Lightning dan mic. Bentuk mic dan loudspeaker itu sendiri untuk saya pribadi terasa kurang nyambung dengan desain keseluruhan iPhone 5S, masih lebih baik desain loudspeaker pada iPhone 4S.

Layar
Seperti iPhone sebelumnya, Apple membekali iPhone 5S dengan layar IPS Retina Display, dengan lebar 4 inci dan resolusi 1136x640 piksel (326 piksel per inci). Jika dibanding iPhone 5, layar 5S lebih bersifat kemerahan, namun tetap natural. Soal saturasi pun sepertinya ditingkatkan, mungkin untuk menyesuaikan dengan iOS 7 yang warna-warni. Kualitas layarnya seperti biasa termasuk yang paling bagus dari seluruh smartphone, natural namun tetap punchy. Viewing Angle-nya pun sempurna. Di bawah terik matahari layar masih terlihat jelas. Hanya saja yang disayangkan adalah ukurannya, di maan 4 inci sudah terasa kecil saat ini, mengingat banyak smartphone flagship Android dengan layar di kisaran 5 inci. Memang layar 4 inci membuat perangkat lebih praktis dan portabel, namun tidak semua orang nyaman di layar kecil (demikian juga sebaliknya), seharusnya Apple memberikan lebih banyak pilihan lagi kepada konsumen.

iOS 7
Apple selalu membenamkan iOS versi terbaru di tiap iPhone baru mereka. Di iPhone 5S mereka menggunakan iOS versi 7, yang diredesain besar-besaran dibanding iOS6. Dari segi tampilan iOS7 lebih simpel, flat dan colorful dibanding iOS6. Faktor selera, tapi untuk penulis pribadi tampilannya menjadi lebih modern dan fun dibanding dulu. Kemudahan operasional dalam antar muka pengguna tentu saja masih hadir di tiap perangkat Apple.

Secara default, lock screen masih menggunakan Slide to Unlock, yang tampilannya telanjang tanpa bar slider, lebih sederhana. Bahkan sebetulnya Anda bisa mengunlock layar dari sisi mana saja di layar asalkan sapuannya kiri ke kanan. Di atas Anda bisa menarik Notification Center turun ke bawah, sementara di bagian bawah, tengah Anda bisa menarik Control Center, yang berisi toggle Airplane, WiFi, Bluetooth, Do Not Disturb dan Rotasi layar, lalu ada pengaturan tingkat kecerahan, serta musik dan tools. Notification Center dan Control Center ini sendiri bisa diakses di menu utama dan pengaturan. Di sudut kanan bawah, jika Anda menarik ke atas Anda akan langsung terakses ke aplikasi kamera.



Kamera dan Perekam Video
Jika selama ini antarmuka kamera iPhone dianggap sangat sederhana dan minim fitur, hal ini sedikit berubah di iOS 7 dan iPhone 5S. Ada beberapa mode yang bisa dipilih dengan menggunakan sapuan pada layar.

Hasil kamera sudah bagus dan memadai meski resolusinya hanya 8MP, di saat smartphone Android pesaing sudah 13MP, namun hal itu tidak terlalu berpengaruh. Fotonya memiliki warna yang punchy dan tetap natural (non HDR). Di dalam ruangan banyak noise yang tercipta namun masih bisa dimaafkan, hasilnya tetap tajam. Untuk melihat foto aslinya silakan unduh di tautan ini.

Konektivitas
4G LTE (di Indonesia tidak bisa digunakan)
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dengan kecepatan HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth 4.0
aGPS
USB 2.0 dengan konektor Lightning

Daya Tahan Baterai
Tes screenshot: dalam waktu 64 menit baterai berkurang 28 persen
Tes memutar video HD 720p: 6 jam 40 menit
*sinyal seluler tidak aktif, internet aktif menggunakan WiFi. Tingkat kecerahan layar 50 persen

Kesimpulan
Apple belum meluncurkan iPhone 5S di Indonesia secara resmi, meski sudah banyak barang impor yang tersedia. Dipastikan akan dibanderol premium tentunya biarpun sudah masuk resmi. Dibandingkan produk sebelumnya, sebetulnya tidak berbeda jauh dari fisik maupun performa dibanding iPhone 5. Performa memang meningkat pada iPhone 5S, namun iPhone 5 pun sudah sangat mumpuni. Namun dibanding update minor iPhone sebelumnya, seperti 3G ke 3GS, 4 ke 4S, update yang dilakukan Apple pada iPhone 5 ke 5S cukup banyak. Seperti fitur pembaca sidik jari yang cukup revolusioner. Dibanding smartphone platform Android sekelasnya, memang iPhone 5S kalah jauh dari segi fitur maupun besar layar dan price to performance, namun, ini produk Apple, Bung!

Kelebihan iPhone 5S:
Fitur pengenal sidik jari dengan Touch ID
Layar IPS yang bagus
Kamera dan perekaman video berkualitas
Ringan, tipis dan ergonomis
Desain berkelas dengan material premium
Perekam video Slow Motion

Kekurangan iPhone 5S:
Layar kecil dibanding produk sekelasnya
Tak ada slot memori eksternal
Ketergantungan dengan iTunes
Daya tahan baterai kurang memuaskan



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77