10 October 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: Samsung Galaxy Note 8




Berganti tahun maka berganti juga zaman dari sebuah gadget. Kami membicarakan produk tablet Tab dari Samsung. Tahun ini Samsung mengeluarkan jajaran Tab 3 untuk menyegarkan pasar dari Tab 2 yang terbilang cukup sukses, dimana menelurkan anggota baru yaitu Tab 3 8.0 selain varian Tab 3 7.0 dan Tab 3 10.1. Kali ini kami akan mereview Tab 3 8.0 yang menempati posisi tengah dari segi harga. Dengan desain khas Samsung dan dibanderol harga 4 jutaan, layakkah tablet ini menggantikan tablet anda? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.
http://androidandme.com/wp-content/uploads/2013/04/samsung-galaxy-note-8-630.jpg
Samsung Galaxy Note 8

Spesifikasi Utama
Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Quadband HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Layar sentuh TFT 8.0-inci (800 x 1280 piksel) ~189 ppi
Memori internal 16 GB, RAM 1.5 GB
Kamera Belakang 5 MP (2560 x 1920 piksel) autofokus
Android 4.2.2 JellyBean
CPU Dual-core 1.5 GHz Exynos 4212
GPU Mali-400MP
Baterai Lithium-Ion 4450 mAh

Desain dan Bodi
Bagi yang memperhatikan pasti menyadari bahwa desain Tab 3 8.0 ini hanya 11-12 dengan Note 8.0, bahkan dari warnapun sama menggunakan warna putih. Tablet ini memiliki dimensi 209.8 x 123.8 x 7.4 mm dan bobot 314 gram, jadi tergolong ringan dan tipis. Khas Samsung, tablet ini menggunakan material plastik mengkilap untuk seluruh bodi. Meskipun tampil elegan tapi tentu kurang nyaman saat digenggam karena licin dan mudah tergores.

Antarmuka
Galaxy Tab 3 8.0 berjalan di Android 4.2.2 dengan campur tangan TouchWiz yang menjadikannya mirip Galaxy S4 namun versi tablet. Tentunya Samsung memberikan banyak fitur-fitur tambahan di antarmuka TouchWiz dibandingkan dengan kompetitor lain, sebut saja seperti Smart Stay, Smart Rotation, Multi Windows, dan lainnya.
Halaman lockscreen dapat dipasangkan widget seperti kelebihan Android 4.2, dan juga anda dapat memodifikasi dengan memberikan kalimat personalisasi juga shortcut aplikasi. Untuk wallpaper lockscreen dapat dipasangkan wallpaper dinamis yang berasal dari layanan Trip Advisor.

Kamera
Tab 3 8.0 ini memiliki dua kamera satu di depan dengan resolusi 1.3MP dan kamera belakang dengan resolusi 5MP autofokus. Antarmuka menu kamera menyatu dengan perekam video. Fitur yang diberikan memang tidak sebanyak di Galaxy S4, namun untuk ukuran tablet fitur yang ada sudah terbilang cukup. Terdapat fitur efek (grayscale, sepia, negative), mode (panorama, auto, sports, beauty face, night, sound&shot).

Multimedia
Layaknya Android, untuk konten foto dan video akan ditampilkan di menu Gallery dengan berdasarkan folder dalam kondisi default, tentunya dapat diubah ke pilihan lain. Layakknya TouchWiz, terdapat banyak fitur yang diselipkan ke Gallery ini, seperti slideshow, photo frame, photo note, buddy photo share, dan lainnya. Gallery online dari akun yang mendukung juga akan ditampilkan disini.

Browser
Browser default merupakan browser bawaan JellyBean yang bergaya desktop dengan tab tersusun sejajar diatas hingga berjumlah maksimal 16 tab. Performanya bagus baik untuk rendering maupun proses zoom halaman web. Sayangnya untuk konten flash tidak dapat diputar karena browser tidak mendukung Flash Player.

Benchmarking
Quadrant Standard: 4435 poin
AnTuTu Benchmark: 10624 poin
MultiTouch Tester: maksimal 10 sentuhan
NenaMark2: 58.5 fps

Baterai
Galaxy Tab 3 8.0 dibekali baterai non removeable berjenis lithium ion dengan kapasitas 4450 mAh. Manajemen baterai Tab 3 8.0 tergolong bagus karena saat kami mencoba menonton video selama satu jam dengan tingkat kecerahan 50 persen dan sinyal seluler dan WiFi aktif, terjadi pengurangan hanya sekitar 12% saja, jadi jika digunakan untuk menonton video terus menerus dapat mencapai sekitar 9 jam. Terlebih Samsung juga memberikan mode power saving untuk lebih meminimalkan penggunaan baterai yang pastinya juga akan mempengaruhi penurunan performa dari tablet itu sendiri.

Kesimpulan
Sebagai produk penyegar, dari segi software dan kualitas layar yang ada di Galaxy Tab 3 8.0 kami bisa simpulkan Samsung memberikan banyak nilai tambah. Sayangnya desain memajemukan dan spesifikasi hardware yang diberikan hanya terasa cukup untuk kondisi pasar saat ini. Terlebih Samsung mematok harga tablet ini cukup tinggi yaitu sekitar 4 jutaan jadi seharusnya sudah menggunakan spesifikasi yang sesuai. Karena di beberapa kali saat kami melakukan proses review, tablet terkadang mengalami stutter meskipun tidak mengganggu.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 8
Layar berkualitas bagus
Kaya fitur (software)
Manajemen baterai yang bagus

Kelemahan Samsung Galaxy Note 8
Overprice dengan spesifikasi hardware yang diberikan
Desain menjemukan



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77