3 October 2013

Update Algoritma Hummingbird untuk Search Enggine Google




Update algoritma google terbaru yang di sebut Hummingbird adalah suatu revolusi terbesar dari google sebagai mesin pencari situs terbesar di dunia. Algoritma hummingbird ( di Indonesia di sebut burung Kolibri) merupakan perubahan yang besar-besaran yang dilakukan google sejak tahun 2001. Dan algoritma ini muncul pertama kali bekerja sebagai algoritma terbaru di bulan agustus 2013, dan pada tanggal 28 September 2013 terjadi update pertamanya. Sepanjang satu bulan ini terjadi banyak hal yang berubah setelah update algoritma hummingbird ini.
 http://toko.z4comp.com/uploads/gallery/image/511/google_hummingbird-580x334.jpg
Algoritma Hummingbird
Algoritma hummingbird mengambil nama dari sebuah burung kecil tetapi merupakan burung tercepat di dunia. Filosofi ini juga menjadi ciri khas kinerja dari hummingbird algoritm. Dia bekerja cepat seiring dengan permintaan pencarian situs yang jumlahnya lebih dari satu milyard situs. Kecepatan pencarian situs di google dengan algoritma ini sangat terlihat bedanya jika anda mengakses melalui gadget. Jika anda sebagai pemilik tablet gadget, sejak awal mencari situs di search engine, anda sudah melihat tampilan yang berbeda. Pemisahan antara situs iklan (adword) dengan situs reguler semakin tersamar. 

Diprediksi google sedang ingin meningkatkan penghasilan via periklanan. Dan jika anda mengakses melalui tablet, maka sudah tidak disediakan menu klasik (di bagian bawah situs search engine) yang biasanya digunakan oleh sebagian besar orang untuk memunculkan angka persaingan pencarian. Perubahan ini tidak terjadi jika anda mengakses search engine google melalui PC. Dan dari beberapa referensi ahli seo dunia, saya mengambil kesimpulan bahwa update algoritma google hummingbird mencoba menjembatani kecepatan proses akses yang banyak dilakukan oleh mobile internet.

Kenapa google sangat concern perihal search engine yang diakses melalui gadget? Karena sudah terlihat jelas bahwa banyak orang di dunia yang menggunakan gadget (mobile internet) untuk mengakses search engine. Disinyalir jumlah pemakai akses melalui gadget mencapai 50% dari total manusia yang menggunakan internet. Jadi sangat wajar, jika google sangat memperhatikan akses ini. Biar bagaimanapun terjadi perbedaan program yang digunakan andorid misalnya dengan program internet PC.

Lalu mengapa banyak situs yang mengalami perubahan sangat drastis dalam hal posisi SERP? Hal ini bukan kesalahan situs semata. Jika anda mengalami penurunan jumlah visitors, apakah posisi SERP anda juga berubah? Saya sangat yakin pasti hal tersebutlah yang terjadi. Dan update algoritma hummingbird ini memang merubah pola dan metode pencarian situs berdasarkan kata kunci yang ditulis pada browser search engine.

Sebagai pemilik situs, anda tidak perlu kuatir perihal update terbaru algoritma hummingbird ini. Algoritma yang menjadi revolusi perubahan terbesar dalam pola pencarian situs ini bukan membasmi keberadaan situs, seperti halnya algoritma google penguin, google panda dan algoritma google zebra yang beberapa hari lalu saya tulis. Keberadaan update algoritma hummingbird ini merubah pola membaca relevansi antara kata kunci dengan situs-situs yang terdaftar di mesin pencari situs ini. Update Google hummingbird ini mendahulukan situs yang memiliki konten dengan kekuatan karakter yang tinggi terhadap kata kunci yang bidik. Jadi jika anda mengalami perubahan posisi, maka perlu anda menambah artikel atau konten yang semakin menguatkan kata kunci yang anda bidik. Jika anda pernah membaca cara mempengaruhi kata kunci konten di webmaster, cara ini adalah jawaban cara anda untuk menguatkan karakter situs terhadap kata kunci yang dibidik.

Dan menghadapi perubahan pola dan metode dengan update terbaru algoritma hummingbird ini, maka jasa seo yang jarang menggunakan optimasi seo on page perlu merubah pola kerjanya. Backlink tetap perlu hanya saja, porsi penambahan konten berkualitas rasanya perlu ditingkatkan. Update algoritma hummingbird ini tidak merubah tehnik seo pada situs, hanya merubah pola dan metode cara google mencari situs berdasarkan kata kunci yang dibidik.




0 komentar:

Post a Comment

 
eko77