2 October 2013

Review Kelebihan Dan Kelemahan: LG G2




LG Mobile Communications Indonesia sudah memperkenalkan LG G2, smartphone andalan terbarunya di Indonesia. LG G2 memiliki keunikan sendiri dalam hal desain terutama penempatan tombol. Alih-alih hadir membawa desain yang nyaris serupa dengan smartphone lain, perusahaan yang duduk dalam tiga besar produsen ponsel ini justru tampil berani dengan menempatkan tombol pengatur volume suara dan standby pada bagian belakang. Inilah spesifikasi lainnya dari LG G2 :


Spesifikasi LG G2
Android 4.2.2 Jelly Bean
Layar IPS 5,2 inci 1080p (maksimal tingkat kecerahan 450 nits)
Ketebalan 8,9mm
SoC Snapdragon 800 quadcore 2,26GHz, GPU Adreno 330
RAM 2GB, storage internal 16/32GB
Kamera 13MP dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan kamera depan 2,1 MP
Perekaman video 1080p dengan framerate 60 fps
Output audio 24 bit/192kHz
Baterai 3000 mAh (non-removable)

Melihat spek di atas tentunya sangat wajar jika Anda berharap banyak dari LG G2. Simak lebih lengkapnya di bawah ini.





Impresi Desain dan Material
Salah satu hal yang agak mengecewakan dari G2 adalah penggunaan bahan plastik, tidak seperti pendahulunya, Optimus G yang menggunakan bahan kaca. Desainnya sendiri tidak sekaku Optimus G untuk tampak depannya. Bukan berarti desain G2 kurang bagus, namun produk LG sebelumnya seperti Optimus G Pro terasa lebih bagus desain terutama kover belakangnya. Secara finishing sendiri G2 sudah bagus seperti halnya ponsel kompetitor berbahan serupa. Secara ergonomis pun cukup baik, meski terkadang sudut sampingnya terasa cukup menonjol dan tidak mengikuti genggaman tangan.

Logo LG berpindah ke bawah, tanpa ditemani tombol fisik sama sekali. Seperti LG Optimus G Pro, dilihat dari depan, sangat kentara kalau layar 5,2 inci G2 amat sangat memenuhi bagian muka. Saking penuhnya, ukuran bodi LG G2 dengan layar 5,2 incinya bahkan hampir menyamai Samsung Galaxy S3 yang hanya 4,8 inci. Ini merupakan suatu hal yang sangat positif, dengan demikian penggunaan satu tangan G2 tidak akan berbeda jauh dari ponsel-ponsel dengan layar di bawah 5 inci.

Layar
Sebagai salah satu produsen layar terbesar di dunia, sudah tradisi bagi LG untuk membenamkan layar IPS produk sendiri untuk produk-produk smartphone unggulannya. Tidak terkecuali Optimus G Pro yang memiliki layar beresolusi full HD (1920x1080 piksel) di bidang diagonal 5,2 inci, sehingga kepadatan layar mencapai 423 piksel per inci. Layar IPS-nya sendiri berkualitas sangat baik dan termasuk eye candy. Tidak ada gejala over-brightness seperti Optimus G, warna putihnya terlihat natural dibanding layar AMOLED pada jajaran Galaxy S / Note, namun imbasnya jadi agak kebiruan dibanding Optimus G. Warna hitam pun terlihat bagus dan sangat gelap untuk ukuran layar non-AMOLED. Sudut pandang / viewing angle tidak sempurna, namun tidak perlu dipermasalahkan.


Antar Muka
LG merupakan salah satu vendor yang setia menghadirkan berbagai macam fitur pada flagshipnya, contohnya saja Optimus G dan Optimus G Pro. Tentu saja G2 sebagai jagoan utama mereka pun diberi perlakuan serupa. LG memasarkan G2 dengan tagline ''Learning from you'' dan beberapa fitur memang memiliki kegunaan untuk kegiatan Anda sehari-hari. Mengenai performa tidak usah dipertanyakan, LG G2 memiliki spek hardware terunggul saat ini. Sangat jarang ditemukan ada lag.

Di lockscreen, Anda bisa mengetuk layar dua kali dalam keadaan layar mati, untuk membangunkan ponsel. Atau bisa juga menekan tombol lock eksentrik yang ada di bagian belakang ponsel. Ada beberapa macam efek menarik yang bisa dipilih saat melakukan swipe di lockscreen: ripple, dewdrop, white hole, particle dan crystal. Efek-efek ini masing-masing memiliki suara yang berbeda-beda. Anda bisa menambahkan 5 buah akses pintas di layar lockscreen. Untuk akses ke kamera, Anda bisa geser ujung layar sebelah kanan ke arah kiri.


Kamera
Kamera merupakan salah satu fitur unggulan LG G2, bagaimana tidak, kamera belakang beresolusi 13MP-nya dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS), meskipun kalau goyangan ekstrim OIS tidak terlalu membantu namun paling tidak ketika Anda memotret menggunakan satu tangan fitur ini sangat membantu. Tombol volume down sendiri bisa Anda gunakan sebagai pengganti shutter kamera, sehingga memotret diri sendiri dengan kamera depan jadi lebih mudah. LG mengklaim lensa kamera belakang G2 diproteksi dengan kristal safir untuk daya tahan yang lebih kuat baik dari goresan maupun kotoran sidik jari.

Ada berbagai macam modus dalam memotret, cukup lengkap dibanding ponsel LG sebelumnya. Modus tersebut antara lain:

Normal, Shot & Clear, Dynamic Tone (HDR) dan Intelligent Auto
Panorama dan VR Panorama
Burst Shoot, Beauty Shot, Time Catch Shot (memotret sesaat dan sesudah tombol shutter ditekan, agar Anda tidak kehilangan momen)
Dual Camera
Sport dan Night

Hasil Benchmark
Antutu: 29716 poin
Quadrant Standard: 15339 poin
Nenamark 2: 59,4 fps
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan

Daya Tahan Baterai
Tes screenshot (kondisi layar terus menyala sambil membuka fitur-fitur dan melakukan screenshot untuk keperluan review): berkurang 24 persen setelah 2 jam 17 menit
Web Browsing: 8 jam 53 menit
Video 1080p: 9 jam 31 menit

Kesimpulan
Tak usah diragukan lagi, LG G2 adalah salah satu smartphone Android terbaik saat ini. Paduan antara fitur yang lengkap ditambah hardware terunggul saat ini menjadi alasannya. Apalagi harga yang ditawarkan LG lebih murah jika dibanding kompetitor sekelasnya, seperti Samsung Galaxy S4, HTC One, maupun sesama Snapdragon 800, phablet Sony Xperia Z Ultra. Bisa dibilang kelemahan utamanya hanya di material bodi yang termasuk biasa saja. Desain tombol yang agak aneh mula-mula memang menyulitkan, tapi kalau sudah terbiasa tidak akan menjadi masalah. Sisanya, Top of the Class!

Kelebihan LG G2:
Layar 1080p full HD 5,2 inci
Penempatan ruang sangat efektif sehingga dengan layar besar 5,2 inci, ukuran G2 tidak beda jauh dengan ponsel berlayar 4,8 inci
Perangkat keras yang digunakan paling top saat ini (Snapdragon 800)
Kamera lebih bagus dari ponsel LG sebelumnya, ditambah adanya OIS
Perekaman video Full HD 60fps
Daya tahan baterai bagus
Penuh dengan fitur-fitur unggulan seperti Guest Mode, pemutar audio HiFi dan lain-lain.

Kekurangan LG G2:
Material yang digunakan kurang premium
Tidak ada slot Micro SD



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77