16 October 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: Cross Android A5B




Cross A5B Android murah  - Vendor lokal Cross Mobile telah merilis sebuah HP yang dinamai Cross A5B sebelum berganti nama menjadi Evercross. Spesifikasi dari perangkat yang satu ini tergolong cukup rendah, hanya mencapai standarisasi paling dasar untuk sebuah smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Android. Seperti apa Cross mendesain perangkat yang satu ini? Mengingat Cross Android murah A5B merupakan sebuah ponsel Android 500 ribuan, bagaimana spesifikasi dari tiap-tiap fiturnya?


Berbeda dengan saudaranya, Cross A66, Android 500 ribuan yang satu ini hadir dengan spesifikasi minimal meskipun telah menggunakan sistem operasi Android.Spesifikasi yang sederhana dengan banderol harga yang terjangkau sepertinya menjadi senjata andalan Cross Android murah untuk menarik calon pembeli Cross A5B, terutama calon pembeli dari segmen entry level.

Desain dan Dimensi
Desain yang diusung oleh Cross pada perangkat yang satu ini tergolong simpel, hampir sama dengan desain Samsung Galaxy Young, dengan sudut yang hampir menyerupai oval dan bentuk yang kecil. Desain seperti ini memang menarik untuk digunakan, namun tidak terlalu nyaman jika dibandingkan dengan smartphone kebanyakan karena layarnya yang memiliki ukuran relatif kecil.Android 500 ribuan ini memang memiliki desain yang sederhana.

Ukuran spesifik dari perangkat yang satu ini adalah 125.3 x 65.5 x 12.5 mm, cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku. Namun tentu ukuran kecil ini memiliki sisi negatifnya sendiri; menikmati konten multimedia pada Android 500 ribuan ini akan sedikit lebih susah dari ponsel yang lain.

Performa
Dengan prosesor single core 1 GHz, RAM 256 MB, dan tidak ada informasi tentang GPU yang menyertai, jelaslah sudah bahwa perangkat yang satu ini tidak didesain untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat, terutama game yang membutuhkan kualitas grafik tinggi dengan sistem 3D.

Layar
Android 500 ribuan yang satu ini memiliki layar dengan ukuran 4 inci.Layar yang satu ini memiliki resolusi WVGA 480 x 800 piksel, denga kemampuan multitouch hingga 2 jadi saja.Nampaknya layar pada Cross A5B ini juga didesain untuk “asal ada”, tanpa dibekali dengan kekuatan yang berarti.

Konektivitas
Perangkat yang satu ini memang memiliki spesifikasi minimalis, namun untuk urusan konektivitas, Android 500 ribuan ini telah mendukung jaringan WiFi dan WiFi tethering.Selain itu, perangkat yang satu ini juga mendukung fitur USB modem, Bluetooth, serta mampu menangkap jaringan GPRS dan EDGE.Sayang, jaringan 3G masih belum dapat ditangani.

Memori Penyimpanan
Memori internal pada perangkat yang satu ini memiliki ukuran sebesar 512 MB.Kecil memang, tapi ukuran ini dapat diperluas oleh sebuah slot microSD.Untuk menyimpan lagu, Android 500 ribuan ini pasti telah dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Kamera dan Video Recorder
Sebuah kamera utama berkekuatan 2 MP menjadi senjata untuk mengambil gambar. Sementara itu, ketersediaan kamera depannya masih belum jelas.Android 500 ribuan ini mampu merekam video, namun kualitas yang dihasilkan tentu saja tidak sebagus para pesaingnya.

Baterai
Sebuah sumber daya dengan kekuatan 1000 mAh menjadi satu-satunya penyedia daya untuk perangkat yang satu ini. Sepertinya akan tahan jjika digunakan untuk pemakaian normal selama satu haru, namun sebaiknya Anda berjaga-jaga apabila lifetime-nya lebih singkat lagi.

Fitur Lain
Android 500 ribuan ini dilengkapi dengan fitur dual SIM serta TV Analog.Perangkat yang satu inijuga telah dilengkapi oleh sebuah 3D Gravity Sensor, dan menggunakan sistem operasi Android 2.3.6 GingerBread.

Perkiraan Harga
Cross A5B ini dilepas dengan harga sekitar 500 ribuan, mengingat spesifikasinya juga tidak terlalu bagus. Sepertinya menang smartphone yang ditujukan untuk entry level, dikhususkan untuk Anda yang ingin mencoba smatphone atau yang cukup puas dengan smartphone sekelasnya..

Kesimpulan
Dengan harga yang lumayan murah, Android 500 ribuan ini hadir dengan fitur standar dan spesifikasi pas-pasan. Mungkin akan cocok untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan smartphone, namun rasanya Anda tidak akan puas dengan prosesor yang hanya 1 GHz dan kamera yang hanya 2 MP. Jika Anda merasa tidak terlalu terganggu dengan keterbatasan spesifikasinya, sebaiknya HP Android yang satu ini menjadi pilihan utama Anda



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77