15 September 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: Sony Xperia M




Pasar ponsel Android mid-end bisa dikatakan merupakan pasarnya Sony. Karena di range harga 2-4 jutaan Sony menawarkan produk yang memiliki desain, fitur yang bagus lebih dari kompetitor lain. Kini kantor kami kedatangan ponsel Xperia M, ponsel yang memiliki posisi dibawah Xperia L namun dengan fitur yang tidak berbeda jauh. Dengan harga 2,5 jutaan apakah ponsel ini patut diperhitungkan? Silahkan baca reviewnya dibawah ini.

Spesifikasi Utama

Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Dualband HSDPA 900 / 2100
Layar sentuh kapasitif 4.0-inci FWVGA (480x854 piksel) ~245 ppi
Memori internal 4 GB (2.05 GB free), RAM 1 GB
Kamera Belakang 5 MP (2592 x 1944 piksel) autofokus, LED flash
Android 4.1 JellyBean
CPU dual-core 1.0 GHz Krait Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227
GPU Adreno 305
Baterai Lithium-Ion 1750 mAh

Paket Penjualan

Handset Sony Xperia M
Kepala charger
Kabel data
Headset
Manual
Kartu garansi


Desain dan Bodi
Untuk pasar dua jutaan, akhir-akhir ini Sony tidak terlalu kreatif dalam mendesain produknya. Terhitung dari Xperia J, E, L, dan kini Xperia M memiliki desain yang mirip dengan kehadiran pinggang dan bagian atas dan bawah yang lebih tebal dengan unsur desain OmniBalance. Xperia M memiliki dimensi bodi 124 x 62 x 9.3 mm dengan bobot 115 gram, terbilang compact dan cukup ringan mungkin karena material yang digunakan seluruhnya terbuat dari plastik.

Bagian muka terisi dengan kamera sekunder, earpiece, sensor proximity dan cahaya, layar 4-inci, LED iluminasi, dan mic. Karena Xperia M menggunakan tombol fungsi Android didalam layar, maka bagian muka memiliki area frame hitam luas. Bagian belakang terisi dengan kamera utama, LED flash, mic dan sebuah speaker berbentuk garis. Untuk akses baterai, slot kartu microSIM dan microSD berada dibalik back cover.


Antarmuka
Tampilan antarmuka sama seperti ponsel Sony Android 4.1 lain dengan tampilan lockscreen dua buah slider kiri untuk akses cepat ke music player dan kanan untuk menu kamera. Membuka layar lockscreen dengan melakukan gestur vertikal. Masuk ke halaman homescreen anda akan disajikan lima buah halaman yang dapat ditambah hingga maksimal 7 halaman sebagai tempat untuk menaruh widget-widget favorit.

Jendela notifikasi hadir dengan beberapa pengaturan seperti profil suara, bluetooth, wifi, dan mobile data, serta akses cepat ke menu setting. Dengan menahan tombol home maka akan dimunculkan akses ke aplikasi Google Now, dan jika menekan tombol recent, selain menampilkan jajaran aplikasi yang baru dibuka anda juga bisa memasukkan beberapa aplikasi kecil ke layar ponsel seperti kalkulator, timer, memo, dan voice recorder. Drawer aplikasi hadir dengan formasi 4 x 4 khas Sony, dimana diberi bingkai putih transparan serta tab untuk mengubah tampilan susunan ikon, tombol search, dan option.


Kamera
Xperia M dibekali dua kamera, kamera depan dengan resolusi VGA dan kamera belakang dengan resolusi 5MP autofokus dan dilengkapi LED flash. Kamera di Xperia M ini dilengkapi dengan sensor seperti Exmor RS dan fitur-fitur yang diberikan cukup lengkap dan menyamai fitur yang ada di ponsel high-end Sony. Yang lebih nyamannya, Sony tetap mempertahankan kehadiran tombol kamera dimana dalam kondisi tertentu sangat membantu untuk mengambil gambar agar tidak goyang dan blur. Akses cepat dari layar keadaan mati juga hadir jadi anda hanya membutuhkan untuk menahan tombol kamera dan ponsel otomatis akan masuk ke mode kamera.

Hasil untuk pengambilan gambar dalam ruangan terlihat cukup baik, meskipun kurang tajam namun untuk pewarnaan tetap natural dan terang, akan lebih baik lagi hasilnya jika memanfaatkan flash. Untuk luar ruangan juga hasil terlihat baik dimana terlihat tajam dan pewarnaan cukup natural.


Benchmark
Quadrant Standard: 4182 poin
AnTuTu: 10005 poin
NenaMark2: 64.6 fps
Multitouch Tester: maksimal 5 sentuhan
CamSpeed: Score 677; With Flash 652


Daya Tahan Baterai
Xperia M dibekali baterai Lithium Ion berkapasitas 1750 mAh yang diklaim mampu melakukan talk time 9 jam dan stand by hingga 454 jam di jaringan 3G. Untuk kenyataannya dengan data aktif di jaringan 3G ponsel dapat bertahan dari sehari atau bahkan hingga 2 hari jika minim penggunaan. Terlebih Sony memberikan software STAMINA dimana akan mengoptimalisasikan penggunaan sumber daya agar tidak membuang daya baterai sia-sia.


Kesimpulan
Dengan selisih sekitar 500 ribuan dengan Xperia L, anda akan mendapatkan ponsel Android JellyBean yang memiliki spesifikasi dan performa yang tidak jauh berbeda. Dari segi desain pun meski tidak se-elegan Xperia L namun kedua ponsel ini memiliki desain yang mirip. Beberapa hal membedakan kedua ponsel ini hanya resolusi kamera, memori internal, dan ukuran layar. Jadi keputusan tentu ditangan anda apakah ingin ponsel dengan penampilan lebih elegan serta ukuran layar yang sedikit lebih besar atau lebih memilih ponsel yang lebih murah dengan sedikit pengurangan spesifikasi.


Kelebihan
Konektivitas NFC untuk ponsel 2,5 jutaan
Baterai mumpuni
Speaker kencang


Kekurangan
Layar sedikit kusam



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77