15 September 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: Samsung Galaxy S4




Samsung secara resmi mengumumkan peluncuran Samsung Galaxy S4 di Indonesia. Meski dianggap membosankan, apalagi dengan desain dan bahan bodi plastik yang tidak beda jauh dengan pendahulunya, Galaxy S III, namun smartphone flagship Samsung untuk tahun 2013 ini memang ditunggu banyak orang, menyusul kesuksesan seri-seri Galaxy S sebelumnya. Untuk jeroan, SGS4 sudah menggunakan spek terkini, seperti prosesor Exynos 5 dengan dua buah prosesor quadcore, RAM 2GB, layar Super AMOLED 4,99 inci Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kepadatan piksel 441 ppi, kamera utama 13MP serta batere berkapasitas 2600mAh. 

Untuk fitur-fitur, seperti biasa Samsung mendandani flagship-nya dengan bejibun fitur unik bawaan, seperti fitur Dual Camera yang bisa memotret berbarengan, Drama Shot, dan Sound & Shot. Galaxy S4 memiliki teknologi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, dengan fitur Group Play, Air Gesture, Air View, Smart Pause serta Smart Scroll, S Translator dan S Health. Samsung membanderolnya dengan harga Rp. 7499.000, apakah harga tersebut sebanding dengan performanya secara keseluruhan? Tunggu review selengkapnya hanya di TeknoUp.com.

Paket Penjualan
Dus
in-ear stereo headset + earbud beberapa ukuran
Charger
Kabel data Micro USB


Desain dan Bodi
Tidak bisa dipungkiri, desain Galaxy S4 memiliki kemiripan yang sangat kentara dengan Galaxy S III. Desain melengkung yang diklaim untuk manusia, sudut-sudut yang melengkung, tombol Home di bawah layar, dan desain keseluruhan, yang juga merupakan signature Samsung saat ini. Jika Anda melihat sekilas, mungkin Anda tidak bisa membedakan mana SIII mana S4. Perbedaan yang paling kentara adalah pola-pola berbentuk belah ketupat di seluruh bodi ponsel, dan bezel silver dari plastik yang sedikit lebih tebal. Secara keseluruhan, bahkan feel menggenggamnya pun ala SIII, enak digenggam karena sudut-sudut melengkungnya, kelemahannya pun sama, bahan plastik glossy membuat ponsel ini cukup licin, hati-hati jika tangan Anda mudah berkeringat. Feel premium seperti pada Sony Xperia Z dan HTC One tidak akan Anda dapatkan di SGS4, meski tidak terasa murahan juga, build quality pun termasuk sangat bagus. Satu lagi, casing belakang lebih rata dari S III. Meski menggunakan layar 5 inci, lebih besar dari S III (4,8 inci) namun nyatanya S4 lebih tipis dan ringan dari pendahulunya, meski tidak terlalu jauh perbedaannya.

Layar
Jajaran Samsung Galaxy S selalu menggunakan layar tipe Super AMOLED, demikian juga dengan S4. Ponsel ini menggunakan layar Super AMOLED 5 inci dengan resolusi 1920x1080 piksel alias Full HD, resolusi yang menjadi fitur unggulan beberapa smartphone kelas atas di tahun 2013 ini. Meski layar masih menggunakan Pentile Matrix yang hanya terdiri dari 2 subpiksel (layar tipe lain menggunakan RGB 3 subpiksel), namun kepadatan pikselnya yang mencapai 441 piksel per inci, membuat layar terlihat sangat tajam.

Untuk kualitas layar, dari segi tingkat kontras dan kepekatan warna hitam tidak perlu ditanyakan lagi, layar jenis OLED memang nomor satu untuk kedua hal tersebut. Untuk kecerahan layar mungkin kalah dengan layar tipe LCD / IPS, namun, layar S4 diklaim lebih natural dibanding tipe Super AMOLED lain. Tingkat saturasi masih tinggi, warna yang muncul juga masih sangat eye candy, tidak terlalu terang dan tetap adem meskipun menggunakan tingkat kecerahan tertinggi.

Voice Control
Mengontrol ponsel dengan suara, yang bisa Anda lakukan:
Menjawab atau menolak panggilan masuk maupun panggilan dari Chat On dengan perintah Answer dan Reject
Mematikan alarm dengan perintah suara Stop dan Snooze
Menjepret foto di aplikasi kamera dengan perintah Smile, Cheese, Capture atau Shoot.
Mengontrol pemutar musik bawaan dengan perintah Next, Previous, Pause, Play, Volume Up dan Volume Down.


Antar Muka
User interface di Galaxy S4 masih memiliki ciri khas yang didapat sejak TouchWiz di Galaxy S pertama. Jika di SIII temanya adalah Design for Nature, maka di S4 tema keseluruhan ponsel ini adalah Life Companion sehingga sangat banyak fitur yang ditambahkan oleh Samsung, jadi pengalaman ber-Android di ponsel Galaxy S selalu lebih berwarna dibanding Android Standar misalnya. Galaxy S4 sendiri sudah menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean. Performanya sendiri tidak usah dipertanyakan, amat mulus, lag meskipun tetap ada namun sangat minimal kemunculannya. Perangkat keras teratas saat ini ditambah lagi dengan Project Butter pada Jelly Bean memungkinkan performa lancar pada Galaxy S4.

Konektivitas
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.0
NFC dengan kemampuan S Beam
Infrared port (bisa menjadi Remote TV atau perangkat lain)
USB 2.0 dengan port MicroUSB, memiliki konektivitas MHL dan USB On The Go

Hasil Benchmark:
Quadrant Standart: 12645 poin
AnTuTu: 27931 poin
NenaMark 2: 59.9 frame per detik
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan

Daya Tahan Batere
Tes Browsing: 36 menit habis 8 persen, menggunakan wifi, tingkat kecerahan 50 persen. Dengan kata lain dari 100-0% = 450 menit (7 jam 30 menit)

Seluruh review daya tahan batere, ponsel dalam mode Normal, bukan dalam mode Power Saving. Fitur-fitur gestur menyala semua, internet terhubung via WiFi. GSM dimatikan. Mengenai panas, memang setelah dipakai kerja berat ponsel ini cukup panas, namun sejauh ini masih wajar, ponsel lain yang saya review seperti HTC One dan iPhone 5 bahkan lebih panas (mungkin karena bahan Aluminium yang digunakan oleh keduanya).

Kesimpulan
Dari luar, secara fisik boleh dibilang Galaxy S4 membosankan, apalagi dengan desain dan bahan bodi plastik yang tidak beda jauh dengan pendahulunya, Galaxy SIII. Feel premium yang didapat di iPhone 5, HTC One, Xperia Z, BlackBerry Z10, bahkan Oppo Find 5, tidak didapat di Galaxy S4. Namun, Galaxy S4 dilengkapi dengan berbagai fitur unik yang tidak ada di ponsel-ponsel yang disebutkan di atas, juga input dan pengontrolan ponsel yang menarik, dengan berbasis gerakan, gesture, maupun yang memanfaatkan kamera depan dan input suara. Fitur-fitur tersebut seharusnya cukup berguna di tangan yang tepat. Belum lagi faktor seperti layar Super AMOLED 1080p yang cemerlang, performa yang amat mumpuni, juga daya tahan batere yang cukup bagus. Dikarenakan fitur-fiturnya, baik dari software, hardware, maupun gimmick seperti Air View, Air Gesture dan sebagainya, boleh dibilang Samsung Galaxy S4 adalah smartphone tercanggih di dunia saat ini. Tidak salah jika Samsung memberikan tagline ''Life Companion'' pada flagship mereka tahun ini.

Kelebihan
Performa bagus, dengan dukungan hardware teratas saat ini
Layar 1080p Super AMOLED 5 inci
Gimmick seperti Group Play, Air Gesture, Air View, Smart Pause serta Smart Scroll dan sebagainya
Menggunakan OS Android terbaru 4.2 dengan Antarmuka TouchWiz yang memiliki banyak fitur tambahan
Slot micro SD
Batere removable
Fitur kamera memiliki banyak mode, serta mode Dual Shot

Kekurangan
Desain tidak beda jauh dengan SIII
Bahan bodi dari plastik, tidak memberi feel premium seperti pesaingnya
Bodi licin dan mudah kotor terkena sidik jari
Tidak ada port HDMI
Tidak semua gimmick bekerja dengan lancar



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77