18 September 2013

Review Kelebihan dan Kelemahan: LG Optimus L7 II Dual




Inilah seri tertinggi dari generasi kedua L series, yaitu LG Optimus L7 II Dual. Sesuai namanya unit yang akan kami review ini merupakan versi dual SIM GSM. Walaupun seri tertinggi, tapi handset L series ditujukan untuk mengisi pasar budget phone yang biasanya dibanderol dengan harga 3 juta kebawah. Oleh karena itu handset ini dipasang harga yang cukup terjangkau yaitu 2,8 jutaan rupiah untuk versi dual SIM dan 2.7 jutaan rupiah untuk versi single SIM.

Spesifikasi Utama

Quadband GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1& SIM 2)
Triband HSDPA 900 / 1900 / 2100
Layar sentuh kapasitif IPS 4.3-inci (480x800 piksel) ~217 ppi
Memori internal 2 GB (1.5 GB free), RAM 768 MB
Kamera Belakang 8 MP (3264x2448 piksel) autofokus, LED flash
Android 4.1.2 JellyBean
CPU dual-core 1.0 GHz Cortex-A5 Qualcomm MSM8225 Snapdragon
GPU Adreno 203
Baterai Lithium-Ion 2460 mAh

Paket Penjualan

Handset LG Optimus L7 II Dual
Kepala charger
Kabel data
Headset
Manual
Kartu garansi



Desain dan Bodi
Seri L generasi kedua ini memiliki konsep desain yang berbeda untuk versi single dan dual SIM. Seperti yang pernah kami katakan pada review L5 II Dual, untuk versi dual SIM LG menghilangkan kesan kaku yang elegan dari seri L sebelumnya, hanya versi single SIM yang masih dipertahankan. Untuk L7 II Dual ini memiliki kemiripan desain dengan L5 II Dual hanya saja ukuran layar yang sedikit membesar dan penempatan kamera, flash yang berubah. Smartphone ini memiliki dimensi 122.2 x 66.6 x 9.7 mm dengan bobot 115 gram sehingga masih cukup nyaman untuk dibawa dengan digenggam atau dimasukkan ke saku. Seluruh material terbuat dari plastik dengan aksen chrome disekeliling bodi.


Bagian muka diisi dengan kamera sekunder, sensor proximity, earpiece, layar 4.6-inci, serta empat buah tombol fungsi (back, home, menu, SIM switch). Sama dengan L5 II Dual keempat tombol fungsi ini tidak dilengkapi dengan backlight. Bagian belakang terisi dengan kamera utama, LED flash, dan sebuah speaker. Untuk slot kartu memori dan kartu SIM berada didalam, tertutup back cover.



Antarmuka
Sekarang ini Android 4.1 sudah seperti syarat mutlak sebuah handset baru jika ingin diterima di pasaran, dan inilah yang diikuti L7 II Dual dengan menggabungkannya dengan antarmuka khas Optimus yang kaya akan kustomisasi. Kami bisa katakan bahwa antarmuka LG salah satu yang terbaik, karena dengan banyaknya pilihan kustomisasi ini anda dapat benar-benar menyesuaikan tampilan dan fungsi dengan keinginan, jadi tidak perlu buru-buru menginstall aplikasi launcher jika tidak menyukai tampilan default.

Halaman lockscreen hadir dengan informasi waktu dan tanggal yang dapat diatur gayanya, serta terdapat informasi kartu SIM dan akses cepat ke aplikasi-aplikasi tertentu. Dari lockscreen ini anda dapat langsung mengakses jendela notifikasi. Jendela notifikasi ini tampil dengan akses cepat ke beberapa pengaturan seperti suara, konektivitas, layar, dan lainnya. Anda juga dapat mengatur pengaturan apa yang ingin ditampilkan.


Kamera
L7 II Dual memiliki kamera sekunder beresolusi VGA dan kamera utama dengan resolusi 8 MP (3264 x 2448 piksel) dengan kemampuan autofokus dan dilengkapi dengan LED flash. Selain kehadiran pilihan pengaturan standar, terdapat juga fitur cheese shutter, yaitu anda dapat mengambil gambar hanya dengan menyebutkan kata tertentu tanpa harus menyentuh handset. Terdapat mode pengambilan gambar panorama dan continuous shot. Jika anda ingin mengambil foto diri menggunakan kamera sekunder, maka akan muncul fitur beauty, dimana secara otomatis akan menghaluskan kulit wajah.


Hasil pengambilan gambar dalam ruangan terlihat cukup baik dengan warna yang natural, cukup detil, meskipun dengan kehadiran sedikit noise. Anda dapat menggunakan bantuan LED flash untuk pengambilan gambar di ruangan kurang cahaya.


Benchmark

Quadrant Standard: 2693 poin
AnTuTu: 6342 poin
NenaMark2: 33.9 fps
Multitouch Tester: maksimal 10 sentuhan
CamSpeed: - *kami tidak dapat melakukan benchmark ini karena selalu terjadi error ketika proses berlangsung


Daya Tahan Baterai
LG Optimus L7 II Dual ini dibekali dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 2460 mAh. Belakangan ini LG selalu menggunakan teknologi SiO+ di handset terbarunya. Dengan teknologi ini LG mengklaim baterai akan menjadi lebih irit. Diatas kertas baterai ini sanggup membuat handset stand by hingga 800 jam dan talk time hingga 12 jam dalam jaringan 3G. Dalam prakteknya baterai ini terbilang sangat mumpuni untuk ukuran handset Android berspesifikasi sedang. Dengan penggunaan normal dan paket data aktif baterai ini mampu bertahan hingga satu setengah hari, bahkan bisa lebih jika anda mengaktifkan fitur power saving.


Kesimpulan
Melalui handset terbaru dari L series ini, sepertinya LG kini lebih membidik handset Android asal tirai bambu dibandingkan dengan kompetitor ternama lain. Hal ini terlihat dari pengutamaan model Dual SIM ketimbang single SIM, dimana fitur ini menjadi fitur ciri khas ponsel cina. Sayangnya jika dari segi spesifikasi L7 II Dual masih cukup tertinggal dari ponsel Android cina lain di range harga serupa. Namun dengan merek LG tentu dari segi kualitas komponen, dan material lebih berkualitas serta terjamin.


Kelebihan

Kapasitas baterai besar dan tahan lama
Kemudahan penggunaan fitur dual SIM
Antarmuka dengan nilai tambah


Kekurangan

Kamera tidak bisa merekam resolusi HD
Tidak dapat memutar video HD
Spesifikasi cenderung dibawah pesaing dalam range harga yang sama




0 komentar:

Post a Comment

 
eko77