29 November 2013

Cara Menjadikan file Mp3 sebagai ringtone di Android




ujur saja ini adalah pengalaman pribadi, dimana ketika saya biasanya hanya mendengarkan lagu MP3 disaat jam-jam kosong tengah melanda, beberapa saat kemudian rasanya ingin sekali menjadikan MP3 favorit saya itu menjadi nada dering di Android.
 
Namun sayang, singkat cerita saya dibuat kebingungan karena didalam menu Ringtone di Settings < Sound tidak ada pilihan untuk memilih MP3 sebagai nada dering default. Baru saya menyadari hal itu. Biasanya saya memakai handphone kedua untuk sekedar berkirim sms ataupun telepon dan menjadikan Android sebagai device untuk sosial media saja.

Di handphone kedua saya itu, memilih nada dering MP3 sangat mudah karena lagu MP3 dan ringtone bawaan tercampur menjadi satu yang memudahkan user dalam memilih nada. Pastinya anda tahu handphone apa yang saya maksud.

Karena saya sudah buntu pikiran, rekan-rekan saya pun juga tidak ada yang tahu solusi dari permasalahan sepele ini, pada akhirnya saya temui cara merubah MP3 menjadi ringtone Android berkat bantuannya si mbah Google.

Cara termudah merubah MP3 menjadi ringtone di Android yaitu dengan memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Ringtone Maker. Download gratis di Google Play Store atau bisa melalui tautan berikut ini : Ringtone Maker 0.5.8 APK

Kita tidak perlu membongkar system Android untuk kemudian menginject nada MP3 kedalam folder terkait agar MP3 tersebut bisa masuk ke pilihan nada dering Android. Dengan memakai Ringtone Maker, kita bisa langsung memilih MP3 yang tersimpan di memori eksternal untuk langsung di-enable kan menjadi ringtone.

Sebagai tambahan, sebetulnya Ringtone Maker selain bisa merubah MP3 menjadi ringtone bisa juga untuk nada notifikasi dan alarm. Ringtone Maker support untuk jenis file MP3, WAV, AAC/MP4, dan yang satunya lagi 3GPP/AMR.

Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Step pertama, download Ringtone Maker kemudian install di device Android anda
  • Selanjutnya buka Ringtone Maker
Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Pada halaman awal, anda akan disuguhkan dengan daftar nama lagu yang tersimpan di memori SDCard. Pilih lagu mana yang ingin anda jadikan nada ringtone
Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Setelah anda selesai memilih, pada sisi kanan terdapat tanda panah berwarna hijau. Untuk menjadikan lagu tersebut menjadi sebuah ringtone, tekan satu kali lalu arahkan ke pilihan Advance
Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Centang Set as Ringtone kemudian pilih OK
Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Kini anda sudah berhasil merubah lagu tersebut menjadi nada dering yang bisa anda pilih di menu Ringtone didalam Settings < Sound. Nada MP3 yang sudah dirubah menjadi ringtone akan ditandai dengan blok warna hijau kebiru-biruan atau apa itu namanya saya juga kurang paham, perhatikan gambar diatas
Cara Merubah MP3 Menjadi Ringtone Android
  • Step terakhir, masuk ke Ringtone didalam Settings < Sound lalu cari lagu yang sudah anda pilih menjadi nada dering tadi
  • Selesai



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77