15 February 2016

Hasil survei penggunaan aplikasi messenger di Indonesia, BBM masih yg teratas




Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh JAKPAT baru-baru ini meluncurkan hasil survei mengenai tren aplikasi messenger di Indonesia. Survei tersebut melibatkan sekitar 1.033 responden dari sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Berikut adalah fakta-fakta menarik dari hasil survei tersebut:

Pertama, hasil suvei JAKPAT mengungkapkan bahwa BlackBerry Messenger (BBM) masih menjadi aplikasi messenger yang paling banyak digunakan. Dengan 80,31 persen responden. Kemudian disusul oleh WhatsApp dengan 72,78 reponden. Dan posisi ketiga adalah LINE dengan 71,33 persen responden.

Hasil survei tersebut cukup menarik. Karena walau penjualan smartphone Blackberry terus menurun. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang setia menggunakan aplikasi BBM.

Kedua adalah persentase pengguna berdasarkan umur. Aplikasi BBM paling banyak digunakan pada rentang umur 26 sampai 29 tahun. Lalu untuk WhatsApp paling banyak digunakan pada rentang umur 30 sampa 35 tahun. Sedangkan untuk LINE paling banyak digunakan pada rentang umur 16 sampai 19 tahun.

Dari data tersebut bisa disimpulkan apabila LINE banyak digunakan oleh kalangan masyarakat paling muda. Besar kemungkinan hal ini dikarenakan karena fitur stiker di dalam aplikasi LINE. Sedangkan WhatsApp banyak digunakan oleh mereka yang sudah menginjak usia “kepala tiga” karena cepat dan sederhana.

Hasil survei berikutnya adalah mengenai lingkungan komunikasi. Dari hasil survei tersebut, BBM menjadi peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman sekolah, kerja, dan keluarga.

Lalu di peringkat kedua ada aplikasi LINE lebih banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman sekolah. Di lain sisi, WhatsApp paling banyak digunakan untuk berinteraksi dengan teman kantor dan keluarga.




0 komentar:

Post a Comment

 
eko77