16 January 2014

Microsoft Bayar Samsung, Sony, dan Huawei untuk Buat Ponsel Windows Phone 8




Microsoft terus berupaya untuk mempopulerkan platform Windows Phone. Selain telah sejak lama memberi subsidi kepada Nokia yang akhirnya diakuisisi, Microsoft baru-baru ini dikabarkan akan memberikan subsidi kepada vendor lain yang berencana membuat smartphone berbasis Windows Phone 8. Beberapa vendor yang dikabarkan akan diberi subsidi adalah Samsung, Sony, dan Huawei serta vendor lain.
 
Informasi ini datang dari Eldar Murtazin, seseorang yang dikenal dengan berbagai bocoran akuratnya. Eldar Murtazin mengungkapkan lewat Twitter bahwa Microsoft akan membayar Samsung sebesar 1,2 miliar dolar untuk membuat handset Windows Phone setelah bernegosiasi sejak pertengahan bulan Desember 2013 lalu. Sementara itu Sony akan dibayar 0,5 miliar dolar, Huawei dibayar 0,6 miliar dolar, dan 0,3 miliar dolar lagi untuk vendor lainnya. Eldar juga menyebutkan bahwa dengan subsidi tersebut maka Sony akan memperoleh untung di tahun 2014 dengan proyeksi internal di sekitar bulan September mendatang.

Subsidi ini diperkirakan berasal dari hasil royalti yang diperoleh Microsoft berkat kesepakatan lisensi miliknya yang dipakai di berbagai produsen Android, termasuk Samsung dan HTC. Namun demikian ternyata pihak HTC sendiri tidak disebut-sebut Eldar Murtazin dalam kesepakatan ini. Bisa jadi HTC termasuk dalam kelompok lain-lain, atau HTC sudah tidak tertarik lagi untuk memakai platform Windows Phone setelah mengeluarkan seri 8X dan 8S duo.

Pihak-pihak yang disebut Eldar Murtazin sendiri hingga saat ini belum memberikan tanggapan atas rumor ini. Oleh karena itu menarik ditunggu apakah akan ada realisasi produk Windows Phone di tahun ini dan tahun mendatang dari vendor-vendor tersebut sekaligus membuktikan pernyataan dari Eldar Murtazin tersebut.



0 komentar:

Post a Comment

 
eko77